Kamis, 06 Oktober 2016

[Berita] Walikota Sabang Launching Gampong Iklim Iboih



Iboih, 6 Oktober 2016. Dalam rangka meperingati hari lingkungan hidup tahun 2016, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (BAPEDAL) Kota Sabang melalui Walikota Sabang Zulkifli H.  Adam meresmikan program Gampong Iklim (Proklim) yang dicanangkan pada Gampong Iboih Kecamatan Suka Karya Kota Sabang. Program Kampung Iklim (Proklim) sendiri merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup sejak tahun 2012
 
Walikota Sabang, dalam sambutannya di hadapan puluhan tamu undangan beserta masyarakat menyatakan bahwa perlu adanya peningkatan kesadaran dari masyakarat Gampong Iboih terutama dalam pelayanan terhadap turis-turis yang datang berkunjung ke Kota Sabang khususnya Gampong Iboih. Walikota menekankan perlunya keramah tamahan bagi pelaku wisata terhadap pengunjung yang datang meskipun turis yang berkunjung memiliki watak yang berbeda-beda. Selain itu Gampong Iboih yang telah menjadi Gampong Iklim diharuskan mampu untuk menjaga kebersihan lingkungan, dikarenakan kebersihan lingkungan merupakan salah satu indikator dalam kenyamanan pengunjung tambahnya.

Dalam Program Kampung Iklim (Proklim) pada Gampong Iboih, telah dilakukan beberapa kegiatan untuk terciptanya kawasan wisata yang sadar lingkungan baik berupa pembuatan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) agar kawasan laut Taman Wisata Alam Pulau Weh tidak tercemar oleh limbah-limbah rumah tangga maupun hotel-hotel yang berada di sekitar pantai. Selain itu juga telah dibuat Waste Water Garden dan juga penanaman 4000 bibit pohon berbagai jenis yang sudah ditanam sepanjang Gampong Iboih hingga menuju Km 0 Indonesia. Pembuatan himbauan dan aturan mengenai menjaga kebersihan lingkungan, serta dicanangkannya program bank sampah yang akan dikelola oleh masyarakat sadar lingkungan Gampong Iboih.
Penyerahan simbolis bank sampah dari kepala BAPEDAL Aceh kepada Keuchik Gapong Iboih
Acara peresmian Program Kampung Iklim (Proklim) Gampong Iboih ditutup dengan penanaman pohon secara simbolis oleh walikota Sabang beserta tamu-tamu undangan diantaranya yang hadir adalah: BLH Kota Sabang, BPKS, DPRK kota Sabang, BKSDA Aceh dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Resort KW II Sabang Pramu Wiyono dan para undangan lainnya. 
Penanaman secara simbolis oleh walikota Sabang

Penanaman secara sibolis oleh Kepala Resort KW II Sabang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar